Panduan Berjualan: Pentingnya Branding Design Untuk Marketing Bisnis Online

Halo Sobat Blogging,Dalam membangun sebuah produk,tentunya akan memiliki banyak konsep,dimana produk yang memiliki nilai jual,akan sangat sulit dibuat,namun semua itu akan hilang dengan adanya Branding yang kuat.dimana Branding pada sebuah merk akan bisa meningkatkan keuntungan yang signifikan.

Namun untuk membangun ssebuh Branding ini juga sangat sulit dan butuh konsep yang matang,namun kalau Branding ini sudah melekat akan sangat memudahkan kedepanya dan bisa memberikan keuntungan bagis sipemilik Branding tersebuat.

Dalam pembahasan kali ini,saya akan sedikit paparkan tentang sebuah Branding untuk bisnis kita,namun sebelum ke pembahasan lebih jauh,ketahuilah apa itu Branding.

Branding Design Untuk Bisnis


Apa Itu Branding?

Pengertian Branding ada macam macam,dari para ahli seperti Kotler (2009) & Landa (2006) namun akan saya kutip pengertian Branding dari wikipedia Pada dasarnya Branding merupakan penciptaan atau peninggalan tanda jejak tertentu di benak dan hati konsumen melalui berbagai macam cara dan strategi komunikasi sehingga tercipta makna dan perasaan khusus yang memberikan dampak bagi kehidupan konsumen.dan setelah anda sedikit mengetahui Pengertian Branding pahami juga unsurnya.

Baca Juga : Tutorial Cara Mengaktifkan Ads.txt di Blogger

Unsur-Unsur Branding

Unsur dalam sebuah Branding dalam sebuah kegiatan yakni,nama atau merk itu sendiri,namun brand harus didukung dengan sebuah lambang atau simbol,sebagai visual identitas dan pendukung komunikasi pemasaran sebuah merk agar lebih mudah diingat dan dikenal oleh konsumen.

Unsur unsur Dalam Sebuah Branding

  1. Cermati Nama merek
  2. Cermati Logo (logo type, monogram, bendera)
  3. Cermati Pada Tampilan visual (desain produk, desain Cermati kemasan, desain seragam, dan lain-lain)
  4. Juru bicara (co-founder, mascot, tokoh perusahaan, orang terkenal)
  5. Suara (lagu tematik, icon bunyi/ nada)
  6. Kata-kata (slogan, tagline, jingle, akronim)

Jenis - Jenis Branding  

  1. Produk Branding
  2. Personal Branding
  3. Corporate Branding
  4. Geographic Branding
  5. Catural Branding

Fungsi Dan Tujuan Sebuah Branding Pada Sebuah Bisnis

  1. Sebagai Pembeda: Pada dasarnya produk yang sudah memiliki brand kuat akan mudah dibedakan dengan brand merk lain sangat mendominasi banget.
  2. Sebagai Promosi dan Daya Tarik: produk yang punya brand kuat menjadi daya tarik konsumen dan akan lebih mudah dipromosikan untuk itu sangat penting memiliki sebuah branding
  3. Pada dasarnya Guna Membangun Citra, Keyakinan, Jaminan Kualitas, dan Prestise: fungsi branding adalah untuk membentuk citra sehingga membuat sebuah produk mudah diingat oleh orang lain.
  4. Sebgai Pengendali Pasar: brand yang kuat akan lebih mudah mengendalikan pasar karena masyarakat telah mengenal, percaya, dan mengingat brand tersebut.dan tampa promosi yang besar,kalau sudah memiliki sebuah Branding akan sangat mudah penjualannya,dan keuntungan juga berlipat.


Tujuan Sebuah branding adalah:

  1. Guna Untuk membentuk persepsi masyarakat
  2. Guna Membangun rasa percaya masyarakat kepada brand
  3. Guna Membangun rasa cinta masyarakat kepada brand

Nah mungkin untuk pengertian Branding dan lainya cukup itu saja,kita kembali kepembahasan saya,tentang pentingnya Branding desaign untuk pemasaran produk kita.

Intinya ketika kalian Membuka Toko di Tokopedia.usahakan desain logo kalian yang sangar berkarakter.agar mudah diingat oleh konsumen.

Dan ketika anda akan memulai membangun sebuah Branding,pelajari konsep konsep dasar Branding,dan untuk berjualan di marketplace indonesia,kususnya tokopedia,buatlah toko dengan satu nice dulu,kalau ingin membangun sebuah branding.

Contohnya seperti ini :
Buat Logo Toko Yang simpel mudah diingat
Nama Barnd Yang unik dan mudah diingat
Jualan satu nice dengan desain atau karya sendiri.sepertihalnya kaos,silahkan mulai desain sendiri dengan brand anda.

Dari sinilah kita memulai membangun sebuah branding,keuntungan memiliki sebuah branding,kita bisa menjual dengan harga yang lebih tinggi,namun anda harus mempertahankan kualitas produk anda.

Dan untuk promosi,mungkin haya sekedar,karena ketika kita sudah memiliki sebuah branding,tentunya konsumen akan datang sendiri ketika mereka suka dengan branding anda.untuk itu utamakan kualitas dan lainya.

KESIMPULAN
Untuk memiliki sebuah Branding semua butuh pengorbana,dimana Branding memiliki peranan penting dalam sebuah bisnis.semoga anda memiliki branding dalam bisnis anda,sukses selalu,semoga bermanfaat dan salam dari seoblogger.id

0 komentar

Post a Comment